ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

Book Cover: ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

Penulis:
Andis Azizah, Vera Wahani, Mohammad Ridwan Arifin, Rinto Wahyu Widodo, Chika Gianistika, Devy Stany Walukow, Sandra Joyce Rose Kainde, Antonius Heatubun, Nofry Frans, Marianus Muharli Mua

ISBN:
Tebal: x +139 hlm., 21 x 14 cm
November 2023

Editor: Deisye Supit
Penata Letak: Rara Angrainy
Penata Sampul: Echa Elsyah

Penerbit:
CV. AYRADA MANDIRI
Perumahan Griya Rumah Emas P 24
Jalan Poros Paccellekang, Gowa-Makassar
Sulawesi Selatan, 90562 Indonesia
Telp. 0411-210685, HP/WA 08999991135
Email: penerbitayradamandiri@gmail.com

ANGGOTA IKAPI: No. 033/SSL/2021

SINOPSIS:
Buku Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) memberikan sudut pandang atas pemecahan masalah sosial budaya dimasyarakat, mampu memperluas pandangan bahwa masalah sosial, kemanusian dan budaya dapat didekati dari berbagai sudut pandang sehingga mampu mengkaji sebuah masalah kemasyarakat yang lebih kompleks, demikian pula dengan solusi pemecahannya. Manusia sebagai makhluk yang memiliki budaya dan menjadi pencipta kebudayaan. Kebudayaan sebagai gabungan kompleks dari pengetahuan, keyakinan, seni, hukum, etika, tradisi dan segala kemampuan atau kebiasaan yang dimiliki oleh individu sebagai bagian dari suatu komunitas selanjutnya peradaban sebagai konsep yang mencakup perkembangan sosial, budaya, ekonomi, politik dan ilmiah suatu populasi manusia adalah cerminan dari pencapaian manusia dalam mengorganisir diri dan dunia sekitarnya.
Buku Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) membahas manusia sebagai makhluk jasmani manusia memiliki kebutuhan secara jasmani, seperti makanan, minuman, dan kebutuhan jasmani lainnya. Bila kebutuhan jasmani tidak terpenuhi maka manusia akan mati secara jasmani lebihlanjut manusia sebagai individu adalah makhluk yang memiliki sifat yang khas berupa nilai membentuk tindakan dan kepuasan manusia yang baik, indah, dan abstrak, dan sangat dibutuhkan oleh semua orang karena menunjukkan kualitas yang ada dan dapat dirasakan oleh orang yang memilikinya maupun orang lain. Keragaman aspek fundamental dalam masyarakat yang bisa memperkaya kehidupan manusia, masyarakat dan organisasi, meningkatkan pemahaman antarbudaya dan mempromosikan persatuan dalam perbedaan. Kesetaraan menunjukkan adanya tingkatan yang sama, kedudukan yang sama, tidak lebih tinggi atau tidak lebih rendah antara satu sama lain.
Buku ini juga membahas hubungan manusia dengan sains akan terus berkembang seiring dengan penemuan dan inovasi masa depan seperti kecerdasan buatan, penelitian ruang angkasa, energi terbarukan dan perkembangan sains yang akan membentuk masa depan manusia. Lebih lanjut membahas tentang ilmu-ilmu humaniora ialah sekumpulan ilmu pengetahuan yang memusatkan perhatiannya pada sisi hasil kreasi kemanusiaan manusia (humanities aspects) secara metafisik ataupun raga, meliputi kepercayaan, ide-ide, estetika, etika, hukum, bahasa, pengalaman hidup, serta adat- istiadat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>